Selamat Datang - Welcome

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA - WELCOME TO MY BLOG

Wise Words

It matters not how long we live but how

Bahasa Daerah Kalimantan


1.        BAHASA DAERAH
  • ]  KALIMANTAN BARAT

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang secara umum dipakai oleh masyarakat di Kalimantan Barat. Selain itu bahasa penghubung, yaitu bahasa Melayu Pontianak, Melayu Sambas dan Bahasa Senganan menurut wilayah penyebarannya. Demikian juga terdapat beragam jenis Bahasa Dayak, Menurut penelitian Institut Dayakologi terdapat 188 dialek yang dituturkan oleh suku Dayak dan Bahasa Tionghoa seperti Tiochiu dan Khek/Hakka.
Dialek yang di maksudkan terhadap bahasa suku Dayak ini adalah begitu banyaknya kemiripannya dengan bahasa Melayu, hanya kebanyakan berbeda di ujung kata seperti makan (Melayu), makatn (Kanayatn), makai (Iban) dan makot (Melahui).
Khusus untuk rumpun Uut Danum, bahasanya boleh dikatakan berdiri sendiri dan bukan merupakan dialek dari kelompok Dayak lainnya. Dialeknya justru ada pada beberapa sub suku Dayak Uut Danum sendiri. Seperti pada bahasa sub suku Dohoi misalnya, untuk mengatakan makan saja terdiri dari minimal 16 kosa kata, mulai dari yang paling halus sampai ke yang paling kasar. Misalnya saja ngolasut (sedang halus), kuman (umum), dekak (untuk yang lebih tua atau dihormati), ngonahuk (kasar), monirak (paling kasar) dan Macuh (untuk arwah orang mati).
Bahasa Melayu di Kalimantan Barat terdiri atas beberapa jenis, antara lain Bahasa Melayu Pontianak dan Bahasa Melayu Sambas. Bahasa Melayu Pontianak sendiri memiliki logat yang sama dengan bahasa Melayu Malaysia dan Melayu Riau.
  • ]  KALIMANTAN TIMUR

Bahasa-bahasa daerah di Kalimantan Timur merupakan bahasa Austronesia dari rumpun Malayo-Polynesia, diantaranya adalah Bahasa Tidung, Bahasa Banjar, Bahasa Berau dan Bahasa Kutai. Bahasa lainnya adalah Bahasa Lundayeh.
  • ]  KALIMANTAN TENGAH

Menurut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Tengah, bahasa daerah (lokal) terdapat pada 11 Daerah Aliran Sungai (DAS) yang meliputi 9 bahasa dominan dan 13 bahasa minoritas
Bahasa Dominan : Bahasa Melayu, Bahasa Banjar, Bahasa Ngaju, Bahasa Manyan, Bahasa Ot Danum, Bahasa Katingan, Bahasa Bakumpai, Bahasa Tamuan, Bahasa Sampit
Bahasa Kelompok Minoritas : Bahasa Mentaya, Bahasa Pembuang, Bahasa Dusun Kalahien, Bahasa Balai, Bahasa Bulik, Bahasa Mendawai, Bahasa Dusun Bayan, Bahasa Dusun Tawoyan, Bahasa Dusun Lawangan, Bahasa Dayak Barean, Bahasa Dayak Bara Injey, Bahasa Kadoreh, Bahasa Waringin, Bahasa Kuhin (bahasa daerah pedalaman Seruyan Hulu)
  • ]  KALIMANTAN SELATAN

·      Bahasa Melayu Lokal
·      Bahasa Banjar (bjn)   : Dialek Banjar Hulu, Dialek Banjar Kuala, Bahasa Barangas, Bahasa Melayu Bukit (bvu)
·      Bahasa Barito
·      Barito Barat           : Barito Barat bagian Selatan, Bahasa Bakumpai (bkr)
·      Barito Timur bagian Utara : Bahasa Lawangan-Pasir (lbx)
·      Barito Timur bagian Tengah dan Selatan
·      Bagian Tengah       : Bahasa Dusun Deyah (dun)

No comments:

Terima Kasih - Thank you

Terima kasih telah mengunjungi blog saya - Thank you for visiting my blog

Follow This Blog by Email